TAHUN 2023 14 OPD MENDAPAT PREDIKAT MUTU LAYANAN SANGAT BAIK
<p style="text-align:justify">Wakil Bupati Sumbawa membuka Kegiatan Expose Hasil Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2023 (IKM) dan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Forum Konsultasi Publik Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa pada Senin, (11/12/2023). Hadir juga pada Kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sumbawa, Serta Sejumlah Pimpinan OPD Terkait.</p>
<p style="text-align:justify">Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, Arief Alamsyah, S.STP., M.Si., menyampaikan Survey Kepuasan Masyarakat merupakan ikhtiar Pemerintah dalam mewujudkan Sumbawa Gemilang dan Berkeadaban terutama dalam mencapai Sumbawa Bersih Melayani yang bebas Korupsi, serta yang melayani secara Cepat dan Berkualitas. Kabupaten Sumbawa sendiri dalam penilaian kepatuhan standard pelayanan Publik masuk dalam zona hijau.&nbsp;</p>
<p style="text-align:justify">Senada yang disampaikan oleh Kabag Organisasi Setda, Wakil Bupati Sumbawa. Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan data IKM ini dapat dipergunakan untuk penilaian terhadap unsur pelayanan yang Masih perlu diperbaiki yang dapat dijadikan acuan peningkatan kualitas. Dari data Hasil Survey Center for Economic Development (CESD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa yang bekerja sama dengan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sumbawa, Pada Tahun 2022, Dari semua 32 perangkat Daerah di Kabupaten Sumbawa, hanya ada 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang berhasil meraih predikat mutu Layanan sangat baik (A), 23 OPD mendapatkan mutu Layanan Baik (B), dan 8 OPD mendapatkan Kurang Baik (C). Sedangkan pada semester 1 tahun 2023 mengalami perbaikan yang signifikan, Dari 32 OPD, 10 OPD (31%) mendapatkan mutu Layanan A, dan 22 OPD (69%) mendapatkan mutu Layanan B dan tidak ada OPD yang mendapatkan C. Tren positif ini berlanjut ke semester 2 tahun 2023, sebanyak 14 OPD (44%) mendapatkan A, dan 18 OPD (56%) mendapatkan B dan tidak ada yang mendapatkan C. Hasil ini merupakan komitmen dan kerja keras Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam memperbaiki dan meningkatkan pelayanan Publik di Kabupaten Sumbawa. Tutup Wabup.</p>